Senin, 10 September 2007

Jangan Sembarang Mengganti Knalpot Sepeda Motor

Saat ini banyak sekali sepeda motor yang telah di modifikasi. Biasanya modifikasi sepeda motor ini dilakukan oleh para remaja. Tujuannya hanya untuk bergaya (lifestyle), kebut-kebutan, dan lain-lain. Untuk memodifikasipun banyak cara yang dilakukan oleh modifikator seperti merubah body, knalpot, ban, shock dan lain-lain. (kaya'nya kebanyakan dan lain-lain ya). Untuk sekali modifikasi memerlukan budget yang besar.

Mungkin yang perlu diperhatikan dalam memodifikasi adalah pada bagian knalpot, ban, mesin, dan shock. Karena jika kita memodifikasinya tidak benar maka akan merugikan dan mengurangi kenyamanan pada saat berkendara. Karena sepeda motor dirancang dan diriset sangat lama (sok tau aja).
Pesan bagi para modifikator , saya ingatkan bahwa yang membuat kendaraan bermotor adalah orang pandai dan tentunya melibatkan profesor (S3) (saya sok tau lagi). Mereka membuat sebuah kendaraan hanya untuk kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Beda dengan kendaraan yang ada di sirkuit. Jangan tersinggung soal ini. Saya hanya mengingatkan saja.

Sesuai judul saya akan membahas tentang modifikasi bagian knalpot. Ya....jangan mengganti knalpot sembarangan. Knalpot pada kendaraan bertugas untuk menyalurkan gas sisa pembakaran yang berlangsung di ruang bakar dan meredam suara. Dalam perkembangannya knalpot juga berfungsi sebagai peranti untuk menambah tenaga kendaraan bermotor. Fungsinya sendiri untuk meredam suara gas sisa hasil pembakaran yang mengalir keluar melalui katup atau klep buang sebelum dilepaskan ke udara terbuka.

Pada tahun 1950-an, seorang insinyur Jerman, Walter Kaaden, bekerja di pabrik motor MZ menemukan knalpot yang menggunakan chamber. Knalpot yang berbentuk gemuk pada bagian tengah ini dipasang pada mesin dua langkah (2-tak). Sehingga pada mesin tersebut mendapat tenaga yang besar dari pada menggunakan knalpot lurus yang digunakan pada mesin empat langkah (4-tak) yang tenaganya sangat kecil bila digunakan pada mesin berteknologi dua langkah. Cara kerja pada knalpot bermesin dua langkah ini terletak pada bagian tengah knalpot yang gemuk. Bagian yang gemuk ini ditujukan untuk menciptakan efek turbulensi agar tenaga sepeda motor dua tak menjadi besar. Fungsi knalpot pada sepeda motor bermesin dua langkah sangatlah vital karena 30% tenaga dorong berasal dari knalpot.

Mesin sepeda motor empat langkah menggunakan model knalpot yang ujungnya tidak memanjang dan desain volume ruang tengahnya nyaris sama sejajar. Mesin empat tak sudah dirancang untuk mampu mengeluarkan tenaga yang cukup besar dengan model knalpot yang lurus. Meskipun begitu, pembuatan knalpot tidak sembarangan, ada hitungannya tersendiri.

Knalpot yang dicabut atau hanya menggunakan pipa model pendek langsung tidak akan menghasilkan tenaga yang maksimal. Bahkan, faktor kehilangan tenaga bisa mencapai antara 50 hingga 60%. Dengan desain knalpot yang lebih baik dari standar, tenaga mesin bisa naik antara 10 hingga 20% hanya dengan memakai knalpot high performance yang dirancang khusus dengan tujuan meningkatkan performa secara optimal. Namun, ini tentu tanpa melanggar ketentuan polusi suara yang diizinkan yang dihitung dengan alat pengukur kebisingan.

Ketika memilih knalpot sebaiknya jangan berdasarkan suara saja, knalpot yang dijualan di pasaran untuk berbagai merek biasanya tanpa standar dari pabrik motor, biasanya tidak akan meningkatkan performa tenaga mesin. Bahkan, kebanyakan melanggar batas desibel (kebisingan suara), sehingga pemilik sepeda motor harus berhati-hati dalam memilih knalpot pengganti.

Dan jangan mengganti knalpot ketika kendaraan masih baru atau garansi mesin belum habis karena akan menyebabkan garansi pabrik batal. Malahan suara yang bising jelas melanggar ketentuan dari pihak berwajib dan bisa kena tilang.

Tips keselamatan bagi pengendara saat berkendara:
1. kenakan helm standar (tidak usah bagus-bagus yanng penting menutup pada bagian kepala)
2. kenakanlah kacamata jika helm tersebut tidak ada kacanya (menghindari iritasi pada mata)
3. pakailah jaket, sarung tangan, dan sepatu (jika pada saat kecelakaan resiko luka sedikit tapi kalo sudah waktunya sial tetep aja sial, mudah2an tidak terjadi pada Anda dan Saya).
4. taruhlah barang bawaan yang tidak dapat dimasukkan kantung pada gantungan didepan Anda (beli asesoris tambahan untuk gantungan) ato taruhlah barang bawaan anda pada box (beli asesoris box barang yang ditaruh di bagian belakang sepeda motor)
5. gunakanlah kedua spion saat ingin belok atau berpindah jalur (kalo spion cuma satu segera pasang dua ya)
6. nyalakan lampu kendaraan anda pada saat anda jalan
7. patuhi rambu-rambu lalu lintas.

Tidak ada komentar: